Bankaltimtara Kantor Cabang Utama Samarinda luncurkan
Program Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). Program ini merupakan
kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota
Samarinda yang pada pelaksanaannya juga diselenggarakan pelatihan Aplikasi
Transaksi dan Keuangan Pemerintah (ATKP) yang nantinya terintegrasi dengan
aplikasi SIPLah.
Kegiatan tersebut disosialisasikan dan diimplementasikan
kepada 110 sekolah di kota Samarinda yang terdiri dari 10 TK, 50 SD, 25 SMP,
dan 25 SMA/SMK/MA.
Kegiatan ini adalah salah satu program pemerintah berbasis
teknologi digital berupa platform yang dapat digunakan oleh seluruh satuan
Pendidikan di Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Kalimantan Timur Khususnya
Kota Samarinda.
Direktur Operasional dan Penanggulangan Risiko
Bankaltimtara, Muhammad Edwin dalam kesempatan tersebut mengatakan jika
ekosistem digital yang dibangun pemerintah pusat tadi sangat berkaitan dengan
kebutuhan digitalisasi pemerintah daerah saat ini.
Dimana tujuannya untuk mendorong percepatan pemerintah dalam
mewujudkan teknologi yang maju dan aman serta menjadi cashless society atau
masyarakat tanpa uang tunai.
“Melalui sosialisasi dan implementasi pada hari ini, semoga
kolaborasi dan sinergitas sebagai upaya pendukung transformasi digital terutama
pada Sistem Informasi Pengadaan Sekolah yang terintegrasi dengan ATKP dapat
terus terjalin antar Pemerintah Kota Samarinda dan Bankaltimtara” Kata Muhammad
Edwin.
Kolaborasi Kerjasama tersebut selanjutnya dituangkan pada
proses penandatanganan komitmen “Kerjasama dan Implementasi Pengelolaan
keuangan sekolah melalui Aplikasi Transaksi Keuangan Pemerintah (ATKP)
Bankaltimtara yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah
(SIPLah) dengan menggunakan rekening Bankaltimtara sebagai rekening
merchant/rekanan sekolah”, yang harapannya dapat terealisasi di akhir tahun
2022