Berita

Rabu, 19 Oktober 2022

Pemprov Kaltim & Pemkot Samarinda Kolaborasi Dengan Bankaltimtara Dalam Program SIPLah

Bankaltimtara Kantor Cabang Utama Samarinda luncurkan Program Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). Program ini merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Samarinda yang pada pelaksanaannya juga diselenggarakan pelatihan Aplikasi Transaksi dan Keuangan Pemerintah (ATKP) yang nantinya terintegrasi dengan aplikasi SIPLah.

 

Kegiatan tersebut disosialisasikan dan diimplementasikan kepada 110 sekolah di kota Samarinda yang terdiri dari 10 TK, 50 SD, 25 SMP, dan 25 SMA/SMK/MA.

 

Kegiatan ini adalah salah satu program pemerintah berbasis teknologi digital berupa platform yang dapat digunakan oleh seluruh satuan Pendidikan di Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Kalimantan Timur Khususnya Kota Samarinda.

 

Direktur Operasional dan Penanggulangan Risiko Bankaltimtara, Muhammad Edwin dalam kesempatan tersebut mengatakan jika ekosistem digital yang dibangun pemerintah pusat tadi sangat berkaitan dengan kebutuhan digitalisasi pemerintah daerah saat ini.

Dimana tujuannya untuk mendorong percepatan pemerintah dalam mewujudkan teknologi yang maju dan aman serta menjadi cashless society atau masyarakat tanpa uang tunai.

“Melalui sosialisasi dan implementasi pada hari ini, semoga kolaborasi dan sinergitas sebagai upaya pendukung transformasi digital terutama pada Sistem Informasi Pengadaan Sekolah yang terintegrasi dengan ATKP dapat terus terjalin antar Pemerintah Kota Samarinda dan Bankaltimtara” Kata Muhammad Edwin.

 

Kolaborasi Kerjasama tersebut selanjutnya dituangkan pada proses penandatanganan komitmen “Kerjasama dan Implementasi Pengelolaan keuangan sekolah melalui Aplikasi Transaksi Keuangan Pemerintah (ATKP) Bankaltimtara yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) dengan menggunakan rekening Bankaltimtara sebagai rekening merchant/rekanan sekolah”, yang harapannya dapat terealisasi di akhir tahun 2022