Berita

Kamis, 24 Agustus 2023

Launching Layanan Digital Self Service (DSS) By Bankaltimtara & eForm Bankaltimtara.

Samarinda, 24 Agustus 2023 – PT BPD Kaltim Kaltara (Bankaltimtara) menghadirkan inovasi baru pada layanan perbankan  melalui layanan Digital Self Service (DSS) by Bankaltimtara. Layanan ini secara resmi di launching oleh Wakil Walikota Samarinda Ir. H. Rusmadi Wongso di Halaman Gedung Kantor Pusat PT BPD Kaltim Kaltara Jl. Jendral Sudirman. Layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih mudah dan nyaman bagi nasabah, sebagai bentuk transformasi digital perbankan yang dilakukan Bankaltimtara untuk meningkatkan daya saing serta mendorong peningkatan literasi keuangan digital.


Digital Self Service merupakan cara baru menikmati layanan perbankan bagi nasabah Bankaltimtara yang terdiri atas layanan :

  • Cash Recycle Machine (CRM). Sebuah layanan yang dapat memfasilitasi nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai, setor tunai, pembelian, pembayaran dan transfer yang dapat dilakukan secara langsung dan mudah.
  • Customer Service Machine (CSM). Layanan yang dapat memfasilitasi nasabah dalam melakukan pembukaan rekening pergantian kartu ATM, dan pergantian kartu ATM/Debit yang telah hilang, sehingga pembukaan rekening dan pergantian kartu ATM dapat dilakukan secara self service.
  • KIOS. Merupakan layanan untuk memfasilitasi nasabah dalam melakukan transaksi pembelian, pembayaran, termasuk juga transaksi pembayaran pajak dan retribusi daerah serta informasi produk Bankaltimtara.


Saat menggunakan fasilitas layanan DSS by Bankaltimtara, nasabah akan sangat terbantu, karena ada Digital Service Assistant (DISA) yang akan mendampingi dan memastikan pengalaman bertransaksi dan menikmati layanan DSS by Bankaltimtara berjalan dengan lancar.

 

DSS by Bankaltimtara juga menghadirkan Minibot Bankaltimtara, merupakan perangkat dengan kecerdasan buatan,  yang mampu untuk memberi Greeting  sapaan dalam bahasa Inggris saat menyambut nasabah, memberi respon interaksi karena robot ini mendeteksi keberadaan manusia sehingga apabila terdapat halangan saat berjalan sesuai map maka robot akan mencari celah untuk berjalan dan apabila layar robot di sentuh maka Minibot Bankaltimtara mengajak untuk berinteraksi, memandu menunjukan nasabah lokasi layanan, menampilkan informasi produk



Selain Digital Self Service, Bankaltimtara juga melaunching eForm Bankaltimtara yang merupakan akselerasi digital berbasis elektronifikasi dengan cara mengintegrasikan sistem yang ada pada frontliner, mulai dari sistem antrean, formulir digital untuk aktivitas customer service dan aktivitas teller.


Dalam sambutannya Muhammad Yamin menyampaikan,”Bankaltimtara akan terus berkomitmen untuk selalu mendukung terciptanya ekosistem keuangan yang cepat, mudah, aman dan efisien bagi seluruh pihak”.


Wakil Walikota Samarinda Ir. H. Rusmadi Wongso menyampaikan,”Kita patut berbangga kepada Bankaltimtara, karena ini merupakan era digitalisasi, Bankaltimtara mau tidak mau sebagai bank kebanggaaan kita harus terus berinovasi dan berkreasi untuk memberikan kenyamanan dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat.”


Turut hadir mendampingi prosesi Launching Digital Self Service by Bankaltimtara dan eForm Bankaltimtara, yang diresmikan oleh Wakil Walikota Samarinda Ir. H. Rusmadi Wongso, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Budi Widihartanto, Kepala Tim SP dan PUR Aswin Gantina, mewakili Otoritas Jasa Keuangan Kalimantan Timur Debbi Aris Firmansyah.


Dan dari pihak  PT BPD Kaltim Kaltara dihadiri oleh Komisaris Independen Bela Barus, Direktur Utama Muhammad Yamin, Direktur Bisnis dan Syariah Muhammad Edwin, serta Direktur Operasional dan Manajemen Risiko Yenni Israwati.