PT BPD Kaltim Kaltara bekerja
sama dengan Konsulat Republik Indonesia Tawau, menggelar sosialisasi terkait
literasi keuangan kepada masyarakat Indonesia yang ada di Tawau, Sabah Malaysia
khususnya para pelajar yang tergabung dalam Community Learning Center (CLC)
Tawau, Kamis (11/08). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Indonesia
menabung dan merupakan implementasi program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu
satu rekening satu pelajar (KEJAR) tahun 2022, dilaksanakan di Aula Gedung
Kantor Konsulat Republik Indonesia Tawau dengan peserta dari kalangan pelajar,
orang tua pelajar dan guru-guru CLC.
Sosialisasi ini merupakan kegiatan
pertama kali yang dilakukan oleh PT BPD Kaltim Kaltara setelah wabah Covid-19
berlalu dan diperbolehkannya kembali kegiatan tatap muka belajar mengajar di
sekolah. Sebelumnya PT BPD Kaltim Kaltara Cabang Nunukan, rutin setiap bulan melakukan
pick up service ke CLC-CLC di Tawau untuk
menfasilitasi para pelajar yang mau menabung dan yang buka rekening tabungan. Namun
kegiatan ini terhenti sejak adanya social distancing akibat Covid-19.
Sosialisasi Literasi keuangan
pelajar tawau dibuka oleh kepala Konsulat Republik Indonesia Tawau, Ibu Heni
Hamidah.
Heni Hamidah menyampaikan
harapannya kepada para pelajar republik Indonesia yang ada di Tawau untuk dapat
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus dari CLC.
“Saya berharap kepada anak-anak
semua untuk dapat melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi setelah
lulus dari CLC ini. “ Ujar Heni Hamidah. CLC Tawau hanya sampai pada tingkat
Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja.
“Banyak anak-anak yang setelah
lulus dari CLC Tawau ini, tidak melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih
tinggi, selain karena faktor keuangan juga karena faktor tidak adanya dukungan
dari para orang tua. Oleh karena itu besar harapan kami kepada bapak ibu
sekalian untuk tetap mendukung anak-anaknya agar mau melanjutkan pendidikan
demi masa depan yang lebih baik lagi” lanjutnya.
Sambutan Direksi PT BPD Kaltim
Kaltara diwakili oleh Bapak Sayid Mohammad Hanafiah selaku pemimpin Divisi
Funding & Customer Management Bankaltimtara.
Dalam sambutannya Bapak Sayid Mohammad
Hanafiah menyampaikan harapan semoga kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan
pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan keuangan, sehingga nanti nya para
pelajar memiliki semangat untuk selalu menabung atau menyisikan sebagain dari
uang yang diberi oleh orang tua.
“Selama masa pandemik Covid-19,
tidak ada kegiatan pick up service
yang dilakukan oleh Bankaltimtara Cabang Nunukan ke sekolah-sekolah Indonesia
yang ada di Tawau. Hal ini menyebabkan banyak pelajar yang tidak bisa menabung
secara langsung, menurunnya minat para pelajar buat menabung dan banyak
rekening tabungan para pelajar menjadi pasif (dorman)” Ujar Sayid Mohammad
Hanafiah dalam sambutannya.
Materi sosialisasi disampaikan
oleh Darmin selaku Officer Funding Korporasi & Kelembagaan Divisi Funding
& Customer Management PT BPD Kaltim Kaltara.
Banyak sekolah-sekolah Indonesia
dalam bentuk CLC di Tawau, namun yang sudah bekerja sama dengan PT BPD Kaltim
Kaltara Cabang Nunukan baru ada 10 CLC dengan jumlah pelajar yang sudah menjadi
nasabah Bankaltimtara sebanyak 390 pelajar. Bankaltimtara akan kembali
menggalakan kegiatan pick up service ke sekolah-sekolah termasuk yang ada di
Tawau, sehingga para pelajar dapat menabung secara langsung dan semua pelajar
pada akhir nya memiliki rekening tabungan.